Biaya Pengiriman Container

Biaya Pengiriman Container

Biaya Pengiriman Container biasanya menggunakan metode menghitung kubikasi kontainer untuk volume kargo. Sangat penting untuk Anda bisa mengetahui cara menghitung pengiriman agar Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Ketika Anda akan membeli barang dalam jumlah yang banyak. Maka Anda harus memahami hitungan biaya pengiriman volume container. Pasalnya, penghitungan barang ini nanti akan sangat mempengaruhi biaya pengiriman. Dalam pengiriman jarak jauh sendiri, ada banyak orang yang sebenarnya memilih mode Less Container Load atau biasanya lebih dikenal dengan LCL. Pasalnya LCL ini sendiri dihitung dengan menggunakan freight ton atau CMB.

Dimana CMB adalah satuan yang biasanya digunakan untuk menghitung biaya volume kargo. Sedangkan untuk metric ton adalah pengukuran berat dari kargo itu sendiri.

Nah, untuk menghitung Biaya Pengiriman Container ada penggunaan metode seperti revanue ton dengan w/m.

Namun, dalam kegiatan pengiriman juga tidak bisa dipisahkan dengan jenis container itu sendiri. Pasalnya, jenis container sangat beragam dan tentu saja ini akan sangat mempengaruhi Biaya Pengiriman .

Container yang digunakan untuk pengiriman tentu saja harus bisa memenuhi persyaratan teknis yang sesuai dengan ISO sebagai salah satu perangkat untuk mengangkut barang. Secara umum, desain dari container memang dibuat untuk bisa memindahkan barang dengan menggunakan moda transportasi. Dengan container juga akan jauh lebih mudah untuk bisa memindahkan barang tanpa harus membongkar muat barang. Dengan bentuk dan bahan yang sangat kokoh, container bisa digunakan berulang kali.

 

Baca Juga :

 

Setidaknya, ada beberapa jenis container yang biasanya digunakan untuk pengiriman barang dan sudah ditetap oleh ISO. Diantaranya:

  • Dry Storage: ini adalah jenis paling banyak digunakan. Kontainer ini biasanya sangat umum digunakan oleh kalangan industri karena serbaguna
  • Flat Rack: adalah jenis yang memiliki sisi bisa dilipat untuk membuat rak datar. Biasanya dindingnya cukup stabil sehingga lebih aman dan ideal untuk pengiriman barang besar.
  • Open Top Container: jenis ini memiliki atap yang konvertibel artinya bisa dihilangkan penggunaannya. Untuk jenis ini memang paling cocok untuk kargo yang memiliki ukuran lebih tinggi sehingga tidak masuk melalui pintu kontainer.
  • Tunnel Container: jenis container yang memiliki dua pintu dan terletak pada ujung kontainer. Hal ini akan sangat berguna dalam pemuatan barang
  • Open Side Storage Container: memiliki guna untuk memberikan ruang yang lebih luas dan akses yang lebih dalam proses bongkar muat dengan lebih mudah
  • Refrigerated ISO Container (Reefer): jenis container yang memiliki alat pendingin suhu yang bisa dikontrol. Biasanya Container ini difungsikan untuk jenis barang yang mudah membusuk.
  • Insulated atau Thermal Container: jenis container yang paling cocok untuk bisa mempertahankan temperatur ruangan.
  • ISO tank adalah container yang digunakan untuk pengiriman barang cair.

Dengan mempertimbangkan jenis container yang akan digunakan maka akan lebih mudah dalam mempertimbangkan Biaya Pengiriman Container.

 

Menghitung Biaya Pengiriman Container

Untuk menghitung Biaya Container ini bisa menghitung volumenya. Selain jenis container, ada beberapa jenis cargo pengiriman barang yang harus dipertimbangkan seperti transportasi darat, udara dan lait/ Semua tentu saja memiliki hitungan yang berbeda. Namun jika untuk pengiriman container biasanya Biaya dengan laut akan jauh lebih murah.

Selain mempertimbangkan jenis container, dalam penentuan Biaya Pengiriman juga penting untuk mempertimbangkan berat barang sebenarnya. Misalnya jika barang nantinya akan dikirim memiliki berat 65kg, dengan dimensi 100 x 50 x 40 cm3. Maka anda bisa menghitung volumenya (100 x 50 x 40)/4000= 62,5kg volume. Yang artinya berat inilah yang akan dihitung untuk biaya pengiriman.

Namun penghitungan ini akan berbeda untuk Biaya Pengiriman Container dengan jalur lainnya. Karena tipa moda memili aturannya. Namun yang pasti, untuk biaya pengiriman jalur udara memang akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan pengiriman darat dan laut.

 

Biaya Pengiriman Container Yang Hemat

Nah untuk mendapatkan biaya Biaya Pengiriman yang jauh lebih hemat, seperti yang dijelaskan sebelumnya pastikan untuk Anda sudah mendapatkan hitungan aktual untuk barang yang dikirimkan. Jenis moda yang akan digunakan, serta pertimbangkan juga jenis container yang akan digunakan. Karena semua ini nantinya akan sangat menentukan biaya pasti pengiriman barang. Jangan sampai Biaya nantinya lebih mahal dari rancangan biaya yang Anda siapkan.

 

Paket Lainnya :

 

Share:
Call Now
WhatsApp